UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM PEMECAHAN MASALAH
DENGAN
METODE GRAFIK PADA MATERI
PROGRAM LINEAR
INDAH PURNAMA REZEKI
PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
AR-RANIRY
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan
merupakan faktor yang sangat penting dalam proses kehudupan manusia, karena
pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia dengan cara mendidik manusia
untuk terampil dan berbudi luhur. Oleh karena itu perubahan dalam pendidikan
harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa. Mustahil suatu
bangsa akan maju kalau tidak diiringi dengan kemajuan dibidang pendidikannya.
Dalam pendidikan banyak komponen yang tercakup salah satunya yaitu pendidikan
matematika.
Pendidikan metematika
merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam upaya
membina dan membentuk manusia berkualitas tinggi. Sebagaimana yang diungkapkan
Hudoyo bahwa “dalam perkembangan modern, matematika memegang peranan penting
karena dengan bantuan matematika semua ilmu pengetahuan akan tampak sempurna”.[1] Mengingat peran matematika yang sangat penting dalam proses
peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, maka upaya untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran matematika memerlukan perhatian yang sangat
serius.
Matematika yang
diajarkan pada jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari Sekolah Dasar (SD)
sampai dengan Perguruan Tinggi, merupakan salah satu yang mendasari
perkembangan matematika teknologi modern. Oleh sebab itu matematika perlu
diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa
agar memliki kemampuan berpikir logis, analitis sistematis, dan kreatif serta
kemempuan bekerjasama. Selain itu dimaksutkan pula untuk mengembangkan
kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan
ide-ide atau gagasan.
Pembelajaran
matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika
secara komprehensif, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan
secara akurat dan tepat dalam pemecahan masalah. Pembelajaran matematika yang
dipelajari siswa didalamnya adalah penerapan matematika yang dekat dengan
kehidupan siswa. Situasi pembelajaran sebaiknya dapat menyajikan penomena dunia
nyata, masalah yang autentik dan bermakna
yang dapat menantang siswa untuk memecahkannya.
Pembelajaran
matematika tingkat Sekolah Menengah Atas telah memuat materi Program Linear,
salah satunya dengan menggunakan metode grafik dalam memecahkan masalah yang
terdapat pada materi tersebut. Materi ini biasanya diterangkan dengan beberapa
tahapan yang meliputi penjelasan definisi, model-model penyelesaian soal,
contoh soal serta latihan soal-soal terkait.
Materi Program
linear dengan metode grafik masih sangat sulit bagi siswa, terlebih dalam memecahkan
masalahnya. Kesulitan tersebut ditandai dengan kurangnya pemahaman mereka untuk
menjalankan setiap tahap-tahapan yang digunakan dalam pemecahan masalah
menggunakan metode grafik. Oleh karena itu siswa merasa kebingungan dan
kesulitan setiap kali mereka dihadapkan dengan soal latihan yang diberikan oleh
guru.
Berdasarkan
latar belakang masalah yang diuraikan diatas, penulis bermaksud untuk
mengadakan penelitian mengenai “Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam
Pemecahan Masalah dengan Metode Grafik pada Materi Program Linear”.
B.
Rumusan Masalah
Dari latar
belakang masalah diatas, maka yang menjadi rumusan masalah utama pada
penelitian ini adalah: Bagaimana Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam
Memecahkan Masalah dengan Metode Grafik pada Materi Program Linear ?
C.
Pertanyaan Penelitian
Terkait dengan
rumusan masalah diatas maka penulis bermaksud mengajukan perntayaan penelitian
sebegai berikut:
1.
Bagaimana
usaha guru dalam mengatasi kesulitan siswa?
2. Bagaimana
respon siswa terhadap upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah dengan metode grafik pada materi Program Linear?
D.
Tujuan Penelitian
1. Untuk
mengetahui upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
dengan metode grafik pada materi Program Linear.
2.
Untuk
mengetahui usaha guru dalam mengatasi kesulitan siswa.
3. Untuk
mengetahui respon siswa terhadap upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam memecahkan masalah dengan metode grafik pada materi Program Linear.
E.
Manfaat Penelitian
Manfaat yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Bagi
Penulis
Untuk
menambah wawasan ilmu pengetahuan yang luas dan memberikan pengalaman
keterampilan dalam mengaplikasikan ilmu telah diperoleh dari pendidikan.
2.
Bagi
Guru
Diharapkan
dengan penelitian ini dapat memotivasi guru, untuk maksimal dalam memberikan
bantuan belajar bagi peserta didik, terutama dalam meningkatkan kemampuan siswa
untuk menghadapi permasalahan yang terdapat di matematika, khususnya pada materi
Program Linear.
3.
Bagi
Peserta didik
Diharapkan
dapat menimbulkan kesadaran peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya, dengan
cara memotivasi diri agar lebih giat dalam belajar dan memahami metode grafik
pada meteri Program Linear. Serta dapat menjadi motivasi bagi peserta didik
untuk lebih percaya, agar terhindar dari perilaku yang kurang baik dalam proses
pembelajaran.
[1]Maulida, Penerapan
Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Tabung di Kelas IX SMP Babul
Maghfirah. Skripsi, (Banda Aceh:UIN Ar-Raniry, 2014), h.1. Dikutip dari Herman
Hudojo, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika (Edisi Revisi),
(Bandung:JCA,2013), h.68.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar