Jumat, 04 Desember 2015

BAB I PROPOSAL MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN




UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA
DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN
METODE GRAFIK PADA MATERI
PROGRAM LINEAR





INDAH PURNAMA REZEKI








     













 




PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY






BAB I

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam proses kehudupan manusia, karena pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia dengan cara mendidik manusia untuk terampil dan berbudi luhur. Oleh karena itu perubahan dalam pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas suatu bangsa. Mustahil suatu bangsa akan maju kalau tidak diiringi dengan kemajuan dibidang pendidikannya. Dalam pendidikan banyak komponen yang tercakup salah satunya yaitu pendidikan matematika.
Pendidikan metematika merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam upaya membina dan membentuk manusia berkualitas tinggi. Sebagaimana yang diungkapkan Hudoyo bahwa “dalam perkembangan modern, matematika memegang peranan penting karena dengan bantuan matematika semua ilmu pengetahuan akan tampak sempurna”.[1] Mengingat peran matematika yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, maka upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika memerlukan perhatian yang sangat serius.
Matematika yang diajarkan pada jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Perguruan Tinggi, merupakan salah satu yang mendasari perkembangan matematika teknologi modern. Oleh sebab itu matematika perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa agar memliki kemampuan berpikir logis, analitis sistematis, dan kreatif serta kemempuan bekerjasama. Selain itu dimaksutkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan.
Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika secara komprehensif, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan secara akurat dan tepat dalam pemecahan masalah. Pembelajaran matematika yang dipelajari siswa didalamnya adalah penerapan matematika yang dekat dengan kehidupan siswa. Situasi pembelajaran sebaiknya dapat menyajikan penomena dunia nyata, masalah yang autentik dan bermakna  yang dapat menantang siswa untuk memecahkannya.
Pembelajaran matematika tingkat Sekolah Menengah Atas telah memuat materi Program Linear, salah satunya dengan menggunakan metode grafik dalam memecahkan masalah yang terdapat pada materi tersebut. Materi ini biasanya diterangkan dengan beberapa tahapan yang meliputi penjelasan definisi, model-model penyelesaian soal, contoh soal serta latihan soal-soal terkait.
Materi Program linear dengan metode grafik masih sangat sulit bagi siswa, terlebih dalam memecahkan masalahnya. Kesulitan tersebut ditandai dengan kurangnya pemahaman mereka untuk menjalankan setiap tahap-tahapan yang digunakan dalam pemecahan masalah menggunakan metode grafik. Oleh karena itu siswa merasa kebingungan dan kesulitan setiap kali mereka dihadapkan dengan soal latihan yang diberikan oleh guru.
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan diatas, penulis bermaksud untuk mengadakan penelitian mengenai “Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Metode Grafik pada Materi Program Linear”.
B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah diatas, maka yang menjadi rumusan masalah utama pada penelitian ini adalah: Bagaimana Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah dengan Metode Grafik pada Materi Program Linear ?
C.    Pertanyaan Penelitian
Terkait dengan rumusan masalah diatas maka penulis bermaksud mengajukan perntayaan penelitian sebegai berikut:
1.      Bagaimana usaha guru dalam mengatasi kesulitan siswa?
2.  Bagaimana respon siswa terhadap upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan metode grafik pada materi Program Linear?
D.    Tujuan Penelitian
1.   Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan metode grafik pada materi Program Linear.
2.      Untuk mengetahui usaha guru dalam mengatasi kesulitan siswa.
3.   Untuk mengetahui respon siswa terhadap upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan metode grafik pada materi Program Linear.
E.     Manfaat Penelitian
Manfaat yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Penulis
Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan yang luas dan memberikan pengalaman keterampilan dalam mengaplikasikan ilmu telah diperoleh dari pendidikan.
2.      Bagi Guru
Diharapkan dengan penelitian ini dapat memotivasi guru, untuk maksimal dalam memberikan bantuan belajar bagi peserta didik, terutama dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menghadapi permasalahan yang terdapat di matematika, khususnya pada materi Program Linear.
3.      Bagi Peserta didik
Diharapkan dapat menimbulkan kesadaran peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya, dengan cara memotivasi diri agar lebih giat dalam belajar dan memahami metode grafik pada meteri Program Linear. Serta dapat menjadi motivasi bagi peserta didik untuk lebih percaya, agar terhindar dari perilaku yang kurang baik dalam proses pembelajaran.


[1]Maulida, Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Tabung di Kelas IX SMP Babul Maghfirah. Skripsi, (Banda Aceh:UIN Ar-Raniry, 2014), h.1. Dikutip dari Herman Hudojo, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika (Edisi Revisi), (Bandung:JCA,2013), h.68.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar